Yang Katanya 44 Cara Menambah Penghasilan (2)


Ini adalah bagian kedua dari tulisan saya tentang Tips Menambah Penghasilan. Yang belum baca bagian pertama, bisa baca di SINI.

Sorry banget baru bisa saya lanjutin sekarang karena minggu ini saya mengalami beberapa insiden, selengkapnya akan saya ceritain di tulisan terpisah. Kita langsung saja ke tips nomer 12.

12. Menjadi Run Errander
Tips ini kurang begitu cocok di Indonesia. Ini kayak anak kecil yang disuruh belanja sama ibunya lalu minta uang jalan. Nah, kalo di Amerika misalnya, Run Errander kerjanya di toko - toko swalayan atau grosir, disuruh beli ini itu. Mirip fasilitas Go-Mart dan Go-Food milik gojek. Atau mungkin sekalian kamu apply lamaran ke Gojek? ;)

13. Sopir
Mirip dengan tips nomer 12, punya kendaraan, kenapa tidak mencoba jadi super Grab Car dan semacamnya? Atau bikin rental mobil sendiri sekaligus kamu jadi sopirnya.

14. Car Wash
Masih berhubungan dengan mobil, jasa pencucian mobil bisa jadi salah satu alternatif penambah penghasilan. Bisa di tempat orang, atau buka jasa sendiri. :D

15. Walk Dogs
Saya jadi inget sama anjing saya di kampung jerit - jerit minta diajak jalan - jalan. Dan kayaknya gak sedikit seperti saya yang mulai kewalahan membawa anjing jalan - jalan. Kalau kamu punya waktu lebih, coba saja tawari jasa jika ketemu orang yang punya masalah dengan anjing mereka. Bole juga kalo kalian mau bawa jalan - jalan anjing saya kalo kalian mau ke Bali. :D
(Tapi ongkos transpot tanggung sendiri, yak)

16. Pramuniaga
Untuk mengisi waktu luang, kerja di cafe tidaklah buruk. Lumayan kan, kalo yang lain check in di path lagi makan di cafe, kalian juga bisa check ini di tempat yang sama, tapi lagi ngasilin duit.

17. Tukang Bersih - Bersih Rumah
Buat yang di daerahnya belum terjangkau Go-Clean milik Gojek, kamu bisa menggantikan peran itu di daerahmu, nanti kalo gojek udah masuk sana, kamu yang ngelamar ke gojek. : ))

18. Tukang Bersih - Bersih Halaman
Kalo kamu udah buka jasa bersih - bersih rumah, jangan mau rangkap sekalian halaman. Kalo klien minta dibersihin halamannya juga, mintain ongkos lebih!

19. Babysitter
Mungkin orang asing bakal sulit memakai jasa kita, apalagi kalo gak punya lisensi. Tapi gak ada salahnya nawarin jasa untuk orang/ kerabat terdekat. :)

20. Fotografer
Punya hobi foto, hasil jepretan gak jelek - jelek amat, foto di instagram selalu dapet banyak like, jadi tukang foto aja! Sekarang banyak banget yang butuh jasa foto. Dari pernikahan, prawedding, majalah, katalog online shop, dll. Sering - sering cari info dan publikasi diri.

21. Nge-Band
Bisa musik? Banyak banget panggung untuk kalian. Dari yang paling gampang seperti ngamen, sampai ke wedding, party, cafe, jadi artis youtube cover-cover lagu orang

22. Sopir Delivery
Bisa aplly di fast food terdekat, atau kembali ke solusi sejuta umat: ngelamar ke gojek biar bisa nerima orderan Go-Food.

23. Tukang Bersih - Bersih Tempat Makan
Intinya musti PD buat nawarin diri kerja di bagian ini. Cuci piring, pel lantai, lap kaca, dll. Tetep semangat. Jangan nyerah. Doa saya selalu untuk kalian yang selalu berjuang dan berusaha. Fight!

2 bukan komentar (biasa):

Niki s said...

Baysitter apan bang? Apa ada hubunganny sama baby sitter bang?

Nadia K. Putri said...

fotografer sih, kayaknya~

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI